Dirgahayu Maluku 2011

posted in: cerita kita | 0

Tak kenal maka tak sayang…begitu kata pepatah. 

Banyak orang terutama kaum muda yang semakin tidak mengenali adat budayanya sendiri, begitu pula tidak semua orang Maluku mengenal dengan baik budaya serta adat negerinya sendiri.

Maluku sebagai negeri seribu pulau menyimpan sangat banyak kisah adat, budaya dan bahasa yang hampir terlupakan dan tidak dipahami lagi bahkan oleh orang Maluku sendiri.

kami adalah produsen Batik Tana Maluku, yang selalu ingin berusaha mendokumentasikan sketsa budaya Maluku pada media kain melalui teknik batik, baik berupa batik tulis, batik cap maupun kombinasi kombinasi keduanya.

Dasar Pemikiran:

Seiring dengan telah diakuinya batik sebagai karya budaya asli Indonesia oleh dunia, perkembangan batik makin menyebar dan meluas. Setiap daerah mulai menggali akar-akar budayanya untuk diabadikan menjadi batik khas daerahnya demikian juga dengan Maluku.

Batik Tana Maluku:

Menggali budaya lama Maluku dalam bentuk visual untuk bisa diabadikan pada media kain melalui batik, ternyata tak semudah yang dibayangkan, karena tidak banyak sumber yang bisa dijadikan rujukan sehingga terkesan sangat minim dan terbatas, namun demikian kecintaan terhadap budaya leluhur negeri tak menyurutkan niat ini, kami terus mengais berbagai ornamen dan simbol-simbol etnik tradisional di sela-sela bahasa tana yang hampir punah atau yang mungkin terselip di antara batu karang yang sedang menuju abrasi karena terus digempur gelombang laut.

Dari apa yang telah kami lakukan, inilah yang bisa kami tampilkan untuk Maluku dan untuk anda, terutama basudara Maluku sedunia. Budaya lama adalah bentuk warisan leluhur yang tidak terlalu mendapat perhatian umum, namun penting untuk mengangkatnya ke permukaan, mengapresiasi, dan mencintainya sebagi jati diri bahwa dari sanalah kita berawal…

Karena itu, besar harapan kami dalam menantikan respon, dukungan dan bantuan serta apresiasi dari anda semua, khususnya Basudara Maluku dimana saja berada…..sebab itulah pemersatu kita.

Dirgahayu Maluku !!


***KP-19 Agustus 2011***

Lawaida Batik Tana Maluku

(Arkeni Pattisahusiwa)

Keterangan Foto:

Peta -Pengadilan saumlaki kelas II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *